25/10/2021

Masyarakat Antusias Bersama Kodim 1622/Alor Membangun Pompa Hidram

PURNAYUDHA.COM – Permasalahan air bersih di desa desa yang ada di Kabupaten Alor,  umumnya semuanya sama yakni letak pemukiman warga berada diketinggian, sesangkan posisi sumber air berada dikedalaman hingga 750 meter dan kemiringan hingga 45 derajat. Komdisi tersebut sanvat menyulitkan warga setempat untuk mendapatkan air bersih walau sumber airnya berlimpa.

Informasi yang didapat oleh media, Pemerintah desa setempat melalui berbagai program telah berupaya untuk menanggulangi masalah ini, namun semuanya berakhir gagal karena ada banyak kendala seperti bahan bakar dan listrik.

Untuk menanggulangi permasalahan air bersih yang ada, Dandim 1622/Alor mengatakan, Pangdam IX/udayana lewat program pompa hidram dan Gerakan Jaga Alam dan Air (GEJALA), memotivasi seluruh prajurit jajaran Kodam IX/Udayana termasuk Kodim 1622/Alor untuk membangun pompa hidram di desa desa yang ada sumber air untuk menjawab permasalahan masyarakat.

“Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI maruli Simanjuntak, M.Sc yang menginisiasi pemanfaatan sumber air sungai untuk kebutuhan dasar masyarakat dengan teknologi sederhana yaitu pompa hidram secara masif di wilayah Kodam IX/Udayana”, kata Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag, Sabtu (09/10/2021).

Untuk wilayah Kabupaten Alor, pompa hidram yang sudah diresmi dan difungsikan ada satu di Desa Mataru Utara. Sedangkan lainnya sudah berhasil dialirkan ke perumahan masyarakat, namun dalam pengerjaan sarana pendukung lainnya seperti bak penampung dan MCK.

“Enam titik sudah dapat dialirkan airnya ke pemukiman warga dan diperkirakan akan rampung diakhir Oktober ini. Sedangkan dua titik dalam tahap persiapan pembangunan dan direncakan bisa rampung di akhir Nopember”, paparnya.

Pembangunan pompa hidram ini sebagai upaya Kodam IX/udayana dengan melihat kesulitan masyarakat akan air bersih diwilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yakni termasuk Kabupaten Alor. Lngkah ini sangat efisien dari segi pembiayaan karena tidak menggunakan bahan bakar dan listrik.

“Kita berharap, setelah dibangunnya pompa hidram ini, pemeliharaannya oleh masyarakat supaya diperhatikan sehingga terawat dan masalah air bersih di masyarakat teratasi”, tutup Dandim.

Jef/tim
Sumber : Pendim 1622/Alor.

Open chat
Hi, Pasang Iklan di Website Kami. Chat Saya