27/02/2021

PERS YAYASAN GOTONG ROYONG PENCA TNI-POLRI PURNAYUDHA

Hutan Tebu Jadi Lahan Pertanian, Camat Tertius Lanmai Ingin Tetap Gandeng TNI

PURNAYUDHA.COM – Camat Alor Timur Laut (Camat ATL), Tertius Lanmai, SH menyambut baik serta mendukung upaya Kodim 1622/Alor melalui Koramil 03/Maritaing berhasil membuka kembali lahan sawah yang ditinggalkan sejak 2018 menjadi hutan tebu, dan kini telah berhasil disulap oleh TNI menjadi lahan ketahanan pangan.

Camat Tertius Lanmai mengungkapkan hal ini, saat mendampingi Bupati Alor Drs. Amon Djobo meninjau ke lahan ketahanan pangan Koramil 03/Maritaing, bertempat di Dusun 2 Desa Air Mancur, Kecamatan Alor Timur Laut, Senin (18/1/2021).

Menurut Tertius, sangat efektif ketika tahun 2017 yang lalu, Kodim membuka lahan ini dan berhasil memanen gabah kering sebanyak 300 lebih ton. Hasil ini sangat signifikan ketika puluhan tahun lalu dikelola masyarakat.

“Lahan ini sangat potensial namun dibiarkan tidur selama puluhan tahun oleh masyarakat dan menjadi hutan rimba. Ketika tahun 2017, TNI datang membuka kembali lahan ini dan saat panen menghasilkan 300 lebih fon gabah kering. Setelah itu dibiarkan menjadi hutan hingga kini 2021 baru TNI kembali menyulapnya menjadi lahan ketahanan pangan”, beber Tertius.

Oleh karena itu, lanjut Tertius Lanmai dirinya menyambut serta mendukung kehadiran TNI mengajak masyarakat membangun kembali lahan ini untuk menjadi lahan ketahan pangan.

Memang, diakuinya bahwa watak dan karakter masyarakatnya sangat sulit untuk dirubah. Dengan hadirnya TNI maka lahan ini sudah bisa memberikan wajah baru bagi Desa Air Mancur.

Kedepannya, dirinya bersama Kepala Desa Air Mancur, Kepala Desa Nailang dan Kepala Desa Kamot berencana terus menggandeng TNI menjadikan lahan ini sebagai lahan pertanian sekaligus lokasi agro wisata.

“Lokasinya sangat strategis karena bagian utara langsung menembus ke laut dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah dan gunung-gunung kecil yang sangat memanjakan mata di siang hari dan sore hari. Kami tetap butuh kebersamaan dengan TNI untuk mewujudkan rencana ini”, ujarnya.

(Pendim 1622)