Didampingi Camat, Kades Cilawu Kecamatan Cilawu Garut Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) & Dana Bantuan Kemensos -

Didampingi Camat, Kades Cilawu Kecamatan Cilawu Garut Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) & Dana Bantuan Kemensos

PURNAYUDHA.COM – Pemerintah Desa Cilawu Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut merealisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2020, sebesar Rp.600 ribu kepada 36 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga masyarakat secara door to door. Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh Camat kecamatan cilawu, Pendamping desa ,BPD, RT,RW dan satuan tugas Covid-19 Desa Cilawu.

Dikatakan Kades Cilawu Wahyu mengacu pada Permendes PDTT Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT nomor 11 tahun 2019, tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020, yang dimana prioritas dana tersebut untuk Pencegahan dan penangan Corona Virus (Covid-19). Mengacu aturan tersebut Pemerintah Desa Cilawu pada hari ini merealisasikan langsung BLT-DD kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Penyaluran dana BLT DD kami laksanakan hari ini dengan sasaran sesuai dengan hasil kesepakatan musyawarah bahwa sisa dari bantuan sosial pusat,bantuan dari provinsi bahkan kabupaten itu menjadi sasaran tingkat desa agar menjadi tidak tumpang tindih dan tidak ada lagi kecemburuan di masyarakat. Desa cilawu memutuskan penyaluran hari ini bersamaan dengan program GASIBU Gerakan Nasi Bungkus. Kami dari pemerintah desa cilawu berdasarkan hasil dari  musyawarah BPD dan Rt/Rw bersepakat maraton dari hari kamis ini pertanggal 21 mudah mudahan bisa selesai besok hari jum’at namun jika paling lambatnyna hari sabtu kami mungkin meminta bantuan juga dari pihak pos dan tingkat kecamatan untuk terus membimbing kami, adapun informasi -informasi yang dapat membantu ke kondusifitas di masyarakat. Masyarakat juga bisa mengetahui mekanisme dalam penyaluran bantuan ini yang mana dari anggaran BLT, yang mana dari pusat dan yang mana dari provinsi agar tidak terjadi mis komunikasi karena kondusifnya desa kondusifnya indonesia”, Papar Wahyu, Kamis,  (21/20/2020).

Penyaluran BLT-DD

Disamping itu Kepala Desa Cilawu juga pada malam harinya setelah berbuka puasa akan langsung melanjutkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai lainya yaitu bantuan dari Kementrian Sosial (KEMENSOS) dengan jumlah keluarga penerima  berjumlah 123 KK sebesar RP 600.000.

“kami ingin segera menuntaskan bantuan ini kepada warga karena ini merupakan amanah bagi kami, untuk penyaluran akan dilaksanakan secara maraton sampai hari sabtu”,Ucap wahyu.

Wahyu menghimbau kepada warga agar bersabar karena semua ada mekanisme nya agar adil dan merata. “Kami pemdes cilawu akan berusaha tepat sasaran tanpa ada pungli atau pemotongan dan tidak akan merubah di luar hak penerima”Ungkapnya.

Penyaluran BST Dari Kemensos

Ditambahkan Pendamping Desa Heti menyampaikan, berdasarkan hasil penjaringan evaluasi data dan musyawarah desa jumlah warga kurang mampu yang terdanpak pandemi Covid – 19 di Desa Cilawu yang ditetapkan sebagai penerima atau yang berhak mendapatkan bantuan langsung tunai dari dana desa sebanyak 36 Kepala Keluarga (KK) dengan nominal Rp. 600.000 Rupiah. Dengan kiteria penerima keluarga miskin yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencarian, penyakit kronis/menahun, Non PKH, Non BPNT dan Non kartu Prakerja”.

“Saya berharap, dengan adanya bantuan ini yang bersumber dari APBN melalui dana desa  sedikit bisa membantu meringankan kebutuhan masyarakat, khususnya selama bulan Ramadhan,” harapnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Cilawu menginstruksikan kepada kepala desa di dalam penentuan penerima mamfaat ini harus berdasarkan musyawarah desa khusus yang di hadiri BPD dan para ketua Rw, adapun terkait dengan kriteria yang di tetapkan oleh pemerintah sebanyak 14 indikator tentunya juga berdasarkan hasil putusan musyawarah di tingkat desa yang salahsatunya pada kesempatan hari ini penyaluran tersebut di terima langsung oleh warga penyandang disabilitas dan jompo yang menjadi prioritas utama pemerintah desa dalam penyaluran BLT DD ini. “mudah-mudahan bantuan ini dapat di mamfaatkan sebaik baiknya oleh warga penerima mamfaat terutama di masa pandemi ini. Disamping itu selama proses penyaluran BLT DD ini dipastikan tidak ada potongan dan tidak ada data penerima ganda” Pungkasnya.
***Rdy/Indra Wijaya***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *