Demi Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan TNI-Polri & Seluruh SKPD Kab.Garut Cek Kesehatan Penumpang Kendaraan Masuk Kab.Garut -

Demi Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan TNI-Polri & Seluruh SKPD Kab.Garut Cek Kesehatan Penumpang Kendaraan Masuk Kab.Garut

PURNAYUDHA.COM – Dalam upaya pencegahan wabah virus Corona di Kabupaten Garut beberbagai cara pencegahan terus dilakukan. Kini petugas gabungan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut yang terdiri dari Polres Garut, Kodim 0611/ Garut, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan serta BPBD Kabupaten Garut tengah berupaya memutus mata rantai penyebaran virus dengan cara melakukan pengecekan terhadap seluruh kendaraan yang melintasi perbatasan wilayah Kabupaten Garut.

Turut hadir Bupati Garut (Rudi Gunawan, S.H., M.H., M.P), Danrem 062/Tn diwakili Kasi Intel (Mayor Inf Eko Yulianto),Dandim 0611/Garut (Letkol Erwin Agung, T.W.A, S.T., M. Tr (Han),Kapolres Garut (AKBP Dede Yudi Ferdiansah, S.I.K., M.I.K), Dandenpom III/2 Garut (Letkol Cpm Julius Amra, S.H),Waka Polres Garut (Kompol Abdul Kholik, S.H., S.I.K),Kabag Ops Polres Garut (Kompol Apri Rahman, S.E),Para Pa Staf Kodim 0611/Garut,Asda 1 Kab. Garut (Bpk. Nurdin),Kadinkes Kab. Garut diwakili Kasi Yankes (dr. Marlinda), Kadishub Kab. Garut (Drs. Suherman),Kabankesbangpol Kab. Garut (Drs. Wahyudijaya, M. Si),Forkopincam Kec. Kadungora.

Dalam pemeriksaan tersebut seluruh penumpang kendaraan yang memasuki wilayah tersebut, wajib menjalani pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dilakukan di pintu masuk Kabupaten Garut, yaitu di wilayah Kecamatan Kadungora tepatnya jalan Raya Kadungora Desa Cihuni.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nurdin Yana, pihaknya menurunkan petugas kesehatan dibantu TNI dan Polri serta SKPD lainnya. Tujuannya untuk memastikan agar masyarakat yang datang ke Garut benar-benar tidak terkena virus Corona.

Hari ini semua penumpang dilakukan pengecekkan kesehatan, bila suhu tubuhnya diatas 37-38 derajat, kami langsung obati. Jangan sampai ada warga yang masuk sudah terindikasi, maka bila mereka terindikasi kami lakukan pengobatan,” ujar Nurdin Yana.

Di tempat yang sama Kapolres Garut juga mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut  melaksanakan penyetopan semua kendaraan yang masuk di wilayah hukum Polres Garut, baik kendaraan pribadi, kendaraan barang dan kendaraan umum.

Kapolres mengatakan, sekitar 150 personil terdiri dari Polres Garut, Kodim 0611/ Garut, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan serta BPBD Kabupaten Garut di kerahkan untuk antisipasi memutus rantai penyebaran virus covid-19 di kabupaten Garut.

“saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat dan bersih, selalu mencuci tangan dan memeriksakan suhu tubuh, Polri siap mendukung kegiatan pemerintah dalam menghadapi persoalan ini” Pungkas Kapolres AKBP Dede Yudy Ferdinsah.

Komandan Kodim 0611 Garut, Letkol Infanteri Erwin Agung T.W.A, S.T., M. Tr (Han) mengatakan, seluruh kendaraan yang memasuki wilayah Garut dari arah Bandung diberhentikan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona memasuki Kabupaten Garut.

“Virus Corona merupakan persoalan nasional, kami yang ada di daerah pun akan terus melakukan upaya yang sama yaitu pencegahan penularan virus Corona,” ujar Kodim 0611/Garut.

Ia menambahkan, seluruh penumpang kendaraan umum maupun pribadi dilakukan pemeriksaan. Jika ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh cukup tinggi, maka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Jelapencegahan minggu, (22/3/2020).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih menjaga kesehatannya masing-masing dan  juga harus turut memperhatikan kesehatan orang lain, dengan berdiam diri di rumah.

“Saya berharap kita jangan sampai tertular virus Corona, oleh sebab itu sebagai salah satu pencegahan yaitu dengan cara berdiam diri di rumah, dan juga jangan sampai menjadi orang yang menularkan,” tuturnya.***Rohman M/Rdy/Gun Gunawan***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *