16/05/2021

Bupati Alor Drs. Amon Djobo : TNI Sangat Berkontribusi Membantu Daerah Ini

PURNAYUDHA.COM – Bupati Alor Drs. Amon Djobo, pada hari Senin (3/5/2021) dengan didampjngi sejjmlah pejabat Pemda Kabupaten Alor, meninjau prospek pembangunan jembatan Siboil yang dikerjakan oleh Satgas TNI AD Yonzikon 13/Karya Etmaka, di Kampung Bukapiting Desa Waisika Keaamatan Alor Timur Laut Kabupaten Alor, NTT.

Djobo mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pimpinan TNI AD dalam hal ini Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, sudah memberikan perhatian bagi Pemerintah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Alor dalam penanganan pasca bencana alam seroja pada 4 April 2021 yang lalu.

Sebagai pimpinan Pemerintah di daerah ini serta masyarakat, sangat bersyukur dan berterima kasih buat TNI AD, Bapak Kasad, Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/Wira Sakti, Dandim 1622/Alor yang sudah menggerakan prajuritnya turun setiap saat dilokasi membantu masyarakat, Danyonzikon 13/Karya Etmaka bersama anggota yang sudah tinggalkan keluarga demi masyarakat di Pulau Alor ini.

“Jembatan yang hancur ini, entah kapan kami bisa membangunnya kembali, tetapi hadirnya TNI AD lewat kerja nyata dan bukan mencari pujian dari masyarakat. TNI hadir bermanunggal dengan masyarakat disini membangun jembatan untuk lancarkan akses transportasi dan perekononian. Ini luar biasa bagi kami masyarakat Alor”, ucap Djobo.

Lanjut Drs. Amon Djobo, jembatan yang dibangun TNI AD untuk menghubungkan akses dari Kota dan beberapa Kecamatan serta Desa yang ada di wilayah pegunungan.

Perlu diketahui juga, sejak hari pertama pasca bencana, Dandin 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S Ag menggerakan kekuata penuh dari para Babinsa turun ke wilayah-wilayah sulit sekalipun untuk membantu warga dalam hal-hal penanganan pencarian korban, dapur lapangan, bantu alat penerangan, pakaian dan selimut, serta disteibusi bantuan, dan saat ini membangun 1 unit jembatan.

“Awalnya saya dengar jembatan ini akan selesai dalam waktu 11 hari, namun baru 5 hari sudah rampung. Luar biasa teman-teman TNI AD bekerja dibantu juga dari Polri dan masyarakat”, tutup Amon.

Sementara itu, Danyonzikon 13/KE Letkol Czi Alid Setiawan menjelaskan, proses pembangunan jembatan ini dapat diselesaikan personelnya dengan lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

“Kami ingin jembatan ini dapat diselesaikan lebih cepat dengan harapan warga dapat segera beraktivitas kembali secara normal. Inilah tekad kami dalam mengemban misi kemanusiaan akibat dampak bencana alam yang dialami warga di sini, ” terangangnya.

Alid Setiawan menjelaskan, setelah menyelesaikan tiga jembatan di Kabupaten Bima, sesuai perintah dari Bapak Kasad dimana misi di Bima selesai, agar personelnya dengan seluruh alat berat yang dibawa dari Jakarta langsung bergerak menuju Kabupaten Alor menggunakan Kapal ADRI LI dari Satangair Pusbekangad.

Hingga hari kelima ini, Senin (3/5) pembangunan Jembatan Waisika hampir rampung secara keseluruhan. Diperkirakan hari ini juga akan selesai seratus persen dan segera di resmikan untuk digunakan masyarakat.

(Pendim 1622)