27/02/2021

PERS YAYASAN GOTONG ROYONG PENCA TNI-POLRI PURNAYUDHA

Bupati Alor Drs. Amon Djobo Meninjau Lahan Ketahanan Pangan Koramil 03/Maritaing

PURNAYUDHA.COM  – Untuk mewujudkan ketahanan pangan, Kodim 1622/Alor melalui Koramil 03/Maritaing melaksanakan program unggulan Ketahanan Pangan penanaman padi seluas 13 hektar, bertempat di Desa Air Mancur, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor.

Program unggulan ketahanan pangan ini adalah wujud implementasi perintah dari pimpinan Atas sebagai upaya satuan kewilayahan melaksanakan ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan berakhir, ungkap Danramil 1622-03/Maritaing Kapten Inf Panuel Tangledang, Senin (18/1/2021).

“Khusus untuk Kodim 1622/Alor, ada dua lahan yang dijadikan program unggulan ketahanan pangan yaitu Koramil 1622-01/Kalabahi di Desa Pailelang dan Koramil 1622-03/Maritaing di Desa Air Mancur”, jelas Tangledang.

Sementara Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag dikonfirmasi media membenarkan kedua lokasi yang dijadikan program ketahanan pangan Kodim 1622/Alor. Rencananya kedepan program ketahanan pangan ini akan dilombakan di Kodam IX/Udayana.

Namun menurut Dandim, tujuan utama dari program ini adalah utk memberikan contoh bagi masyarakat bahwasannya lahan-lahan produktif apabila dikelola dengan baik dan tepat, maka sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, sebut Dandim.

sebagai wujud implementasi dari Delapan Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

“Pada tahun 2017 Kodim pernah bangun lahan di Air Mancur yang sejak puluhan tahun dibiarkan menjadi hutan, alhasil panen saat itu mencapai ratusan ton gabah kering. Kehadiran Kodim ditengah masyarakat sebagai implementasi dari Delapan Wajib TNI yakni menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Saat ini kami kembali hadir membangun kembali lahan pertanian dan hasilnya nanti untuk masyarajat”, ungkapnya.

Bupati Alor Drs. Amon Djobo saat tiba dilokasi sawah ketahan pangan Koramil 1622-03/Maritaing menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/Wira Sakti, serta Dandim 1622/Alor beserta jajaran yang sudah bersusah payah melalui para Babinsanya, hadir dan bekerja bersama masyarakat khususnya petani di Desa Air Mancur.

Amon Djobo sangat mengapresiasi apa yang dibuat oleh Pangdam IX/Udayana dengan perhatiannya membangun lahan pertanian sebagai program yang sangat diunggulkan ditengah pandemi Covid-19.

“Saya salut dengan TNI, mereka punya gaji tapi mau turun ke sawah. Inilah rasa kepedulian dari dalam hati para prajurit TNI. Datang membangun di daerah yang sulit segala macam. Sebagai Bupati, saya bangga dan berterima kasih serta sangat mendukung upaya TNI yang ikut dalam menyukseskan program Alor Kenyang, Alor Sehat, dan Alor Pintar”, ungkap Djobo saat meninjau lahan ketahanan pangan Koramil 1622-03/Maritaing, Senin (18/1/2021).

Turut hadir dalam kunjungan Bupati Alor Drs. Amon Djobo, Kadis Pertanian Kab. Alor Yustus Dopong Abora, S.Pt, Camat ATL Tertius Lanmai,SH, Danramil 1622-03/Maritaing Kapten Inf Panuel Tangkedang dan Babinsa, Kepala Desa Air Mancur, Kepala Desa Kamot serta para petani.

(Pendim 1622)