PURNAYUDHA.COM, GARUT-Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, memimpin Apel Pagi Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Garut di Halaman Kantor Disperta, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, pada Rabu (9/10/2024).

Dalam arahannya, Barnas menegaskan pentingnya kedisiplinan, loyalitas, dan performa kerja yang baik bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, khususnya di Disperta.

“Sebagai ASN harus memiliki performa yang baik dan menjadi teladan bagi pegawai lainnya. Disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsi kita adalah hal yang wajib, serta loyalitas dan dedikasi tinggi harus selalu ditunjukkan di tempat kita bekerja,” ujar Barnas.

Lebih lanjut, Barnas menyoroti bahwa sekitar 70% masyarakat Kabupaten Garut bekerja di sektor pertanian. Ia menekankan pentingnya kebijakan yang mendukung para petani agar menjadi masyarakat yang unggul. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penyuluhan yang merata dari para penyuluh pertanian di Disperta.

“Nah ini kan harus memberikan penyuluhan yang sama antara di kota, di utara, maupun selatan, nah oleh karena itu tidak mungkin tadi jumlah yang sangat sedikit ini bisa menjangkau wilayah Garut yang luas, oleh karena itu bagaimana kira-kira misalnya penyuluh ini ataupun kelompok tani atau apapun namanya, bisa diberdayakan untuk memberikan arahan kepada masyarakat di lingkungannya,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa penyuluh pertanian harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan profesional dalam menyampaikan informasi kepada petani, agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

“Tenaga-tenaga penyuluh ini ya harus profesional kurang lebih seperti itu, lalu kemudian bagaimana cara penyuluhnya, dan juga bagaimana audiens petani itu bisa paham terhadap apa yang kita harapkan,” tandasnya.***tim***

By admin

Leave a Reply